Batuk Pilek Pada Anak Bisa Berbahaya

mediaparamedis - Apa yang harus diketahui oleh keluarga dan masyarakat tentang BATUK, PILEK DAN PENYAKIT YANG LEBIH SERIUS

1. Anak yang batuk pilek bias harus dijaga agar tetap hangat dan lebih sering diberi minum dan makanan bergizi.

2. Batuk dan pilek disertai demam (lebih daru 38'C), sakit kepala, sakit persendian, dan otot, nyeri tenggorokan dan terkadang muntah dan diare dapat menjadi pertanda influenza A Baru H1N1.

3. Batuk pilek biasa apabila tidak segera ditangani dapat menjadi pneumonia, atau infeksi dadakan yang menyerang paru-paru. Gejala dan tanda pneumoni pada bayi dan balita umumnya batuk disertai kesukaran bernafas. Penyakit ini tergolong berbahaya dan anak yang mengalaminya perlu segera dibawa kepuskesmas atau rumah sakit.

4. Pneumoni dapat dicegah. Caranya keluarga mendorong ibu tetap memberikan ASI eksklusif pada bayi sekurang-kurangnya pada 6 bulan pertama, selain memberikan menu bergizi dan imunisasi lengkap pada anak, serta menjauhkan anak dari penderita batuk.

5. Bayi, balita, ibu hamil, dan lanju usia sangat rentan terhadap batuk dan pilek, terlebig bila terpapar oleh polusi udara seperti rokok, asap dapur, asap kendaraan, asap pabrik, dan kebakaran hutan.

6. Anak yang batuk terus menerus sampai dua minggu atau lebih harus segera dibawa ke dokter. Kemungkinan anak terkena tuberkolosis yakni infeksi paru-paru menahun jenis yang lain.

Comments

Artikel Populer

Hamil sebelum usia 18 tahun atau diatas 35 tahun akan meningkatkan resiko kesehatan bagi ibu dan bayinya

Waspadai Cacar Monyet

Safety Box Atau Tempat Spuit Bekas