Prolanis Program Pengelolaan Penyakit Kronis


Prolanis singkatan dari program pengelolaan penyakit kronis adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan bpjs kesehatan dalam rangka memelihara peserta bpjs kesehatan yang menderita penyakit kronis sehingga mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efesien.

Tujuan dari prolanis adalah mendorong peserta penyandang penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal. Penyakit kronis yang di maksud adalah penyakit hipertensi dan DM tipe 2.

Prolanis merupakan kelanjutan dari kegiatan pelayanan sekrening kesehatan, jika hasil sekrining kesehatan mengidentifikasi adanya riwayat diabetes miletus tipe 2 dan hipertensi peserta dapat ikut serta dalam pelayanan prolanis.

Bagi anda yang sudah menyandang penyakit kronis diabetes miletus tipe 2 dan hipertensi, berhak mengikuti pelayanan prolanis, kegiatan prolanis meliputi beberapa hal antara lain konsultasi medis, edukasi, reminder melalui sms getway, serta home visite.

Konsultasi medis dalam kegiatan ini peserta prolanis dapat medjawalkan konsultasi kesehatan yang di sepakati bersama dengan pengelola fasilitas kesehatan, dalam kegiatan ini peserta prolanis dapat menanyakan seputaran kesehatan dan dapat memeriksakan tensi dan cek gula darah secara gratis.

Edukasi kelompok peserta prolanis, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan peserta prolanis dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya penyakit atau kambuh serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta prolanis.

Reminder sms getway adalah kegiatan pengingatan pengelola pelayanan kesehatan prolanis kepada peserta prolanis. Pengelola memberikan sms jadwal konsultasi ke layanan kesehatan tersebut. Dengan adanya sms dari pengelola pelayanan kesehatan prolanis, peserta dapat termotivasi untuk melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan.

Home visit merupakan kegiatan berkunjung oleh pengelola program prolanis kerumah peserta prolanis untuk memberikan informasi, edukasi kesehatan kepada peserta prolanis, keluarga serta lingkungan. Sasaran home visit ini adalah peserta baru terdaftar, peserta yang tidak hadir selama 3 bulan pada kegiatan yang telah di jadwalkan, peserta dengan tekanan darah tidak terkontrol selama 3 bulan berturut turut, peserta dengan GDP / GDPP di bawah standart 3 bulan berturut turut, serta peserta pasca opname.
posted from Bloggeroid

Comments

Artikel Populer

Hamil sebelum usia 18 tahun atau diatas 35 tahun akan meningkatkan resiko kesehatan bagi ibu dan bayinya

Waspadai Cacar Monyet

Safety Box Atau Tempat Spuit Bekas